breaking news

Koleksi Tutorial

Menggambar Objek Solid AutoCAD (Objek Box, Cone, Wedge, Torus, Cylinder, Helix)

AutoCad telah menyediakan pemodelan standar objek solid yang dapat anda pergunakan dengan bentuk-bentuk dasar, antara lain objek kotak, prisma, kerucut, bola, silinder, dan torus atau cincin serta objek helix.

Sebelum membuat desain 3D, anda dapat mengganti workspace atau area kerja dengan menampilka ribbon panel yang berhubungan dengan desain 3D, dengan cara berikut ini:

  1.  Arahkan kursor pada status bar dan klik ikon Workspace Switching.
  2.  Pada shortcut menu yang muncul pilih workspace 3D Modeling.
  3.  Selanjutnya area kerja anda akan berubah dengan menampilkan ribbon panel 3D.


Objek Box
Objek Box merupakan pemodelan 3D yang terbentuk dengan menentukan ukuran panjang, lebar dan tinggi serta terdiri dari dua objek dengan bentuk kubus atau balok.

Untuk memahami pembuatan objek box anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
  1.  Pada Ribbon pilih tab Home panel Modeling pilih Box 
  2.  Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.

Specify first corner or [center]: Klik pada area gambar untuk menentukan base point dari sudut objek box


Specify other corner or [cube/length]: L 8 Ketik L lalu tekan Enter


Specify length <10.00>: 10  Tentukan panjang objek box

Specify width <12.00>: 12 Tentukan lebar objek box


Specify height or [2Point] <10.00>: 10 Tentukan tinggi objek box


  3.  Pada Ribbon pilih tab View panel Views klik menu drop-down 3D Navigasi dan pilih ikon SW Isometric 
Beginilah kira-kira hasilnya :


Objek Cone
Objek Cone merupakan pemodelan 3D bentuk kerucut dengan menentukan bidang dasar dan tinggi objek serta terdiri dari kerucut dengan bidang dasar lingkaran atau ellips.

Untuk pembuatan objek cone anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut :
  1.  Pada Ribbon pilih tab Home penel Modeling pilih Cone 
  2.  Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.

Specify first center point of base or [3P/2P/Ttr/Elliptical]: Klik pada area gambar untuk menentukan titik pusat bidang dasar kerucut


Specify base radius or [Diameter]: 3 8 Tentukan radius lingkaran


Specify height or [2Point/Axis endpoint/Top radius] <15.00>: 10  Tentukan tinggi objek




Objek wedge
Objek Wedge merupakan pemodelan 3D berbentuk prisma yang terbentuk dengan menentukan ukuran panjang, lebar dan tinggi serta terdiri dari dua objek dengan bentuk prisma kubus atau prisma balok.

Untuk memahami pembuatan objek wedge anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
  1.  Pada Ribbon pilih tab Home panel Modeling pilih Wedge 
  2.  Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.

Specify first corner or [center]: Klik pada area gambar untuk menentukan base point dari sudut objek wedge


Specify other corner or [cube/length]: L 8 Ketik L lalu tekan enter


Specify length <10.00>:10  Tentukan panjang objek wedge


Specify width <12.00>:12  Tentukan lebar objek wedge

Specify height or [2Point]<10.00>:10  Tentukan tinggi  objek 




Objek Torus
Objek Torus merupakan pemodelan 3D yang mempunyai bentuk seperti cincin dengan menentukan diameter dari cincin dan diameter tabung.

Untuk pembuatan objek torus dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
  1.  Pada Ribbon pilih tab Home panel Modeling pilih Torus 
  2.  Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.

Specify center point or [3P/2P/Ttr]: Tentukan titik pusat torus


Specify radius or [Diameter]<5.00>: 10 8 Tentukan radius torus


Specify tube radius or [2Point/Diameter]: 2 Tentukan radius tube





Objek Cylinder
Objek Cylinder merupakan pemodelan 3D yang berbentuk silinder dengan menentukan bidang dasar lingkaran atau elips dan tinggi objek.

Untuk pembuatan objek cylinder dapat mengikuti langkah-langkah berikut :
  1.  Pada Ribbon pilih tab Home panel Modeling pilih Cylinder 
  2.  Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.

Specify center point of base or [3P/2P/Ttr]: Klik pada area gambar untuk menentukan titik pusat cylinder


Specify base radius or [Diameter]<5.00>: 10 8 Tentukan radius


Specify height or [2Point/Axis endpoint]<20.00>: 10 Tinggi objek





Objek Helix
Objek Helix merupakan pemodelan 3D berbentuk spiral yang mempunyai jumlah putaran tertentu. Ukuran radius bidang dasar ataupun atas harus >=0 dan tidak dapat berbentuk sudut lancip.

Untuk memahami pemodelan objek helix anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut :
  1.  Pada Ribbon pilih tab Home panel Draw pilih Helix 
  2.  Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.

Specify center point of base: Klik pada area gambar untuk menentukan titik pusat bidang dasar helix


Specify base radius or [Diameter]<8.00>: 5 8 Tentukan radius bidang bawah


Specify top radius or [Diameter]<8.00>: 5 Tentukan radius bidang atas 


Specify helix height or [Axis endpoint/Turns/turn Height/twist]<10.00>: 5 Tentukan tinggi spiral




Nah, mungkin itulah sebagian perintah dari pembuatan objek solid, kenapa saya sebut sebagian? karena masih banyak perintah-perintah lainnya dalam pemodelan objek solid seperti: Objek Sphare, Objek Pyramid dll.
Namun saya tidak akan membahasnya, karena dalam pembuatannya langkah-langkahnya hampir sama.
Silahkan anda coba saja sendiri untuk mempelajarinya lebih jauh lagi.
Sekian untuk postingan kali ini. Semoga bermanfaat. . .

Sumber referensi: Buku Jurus Ampuh Desain 3D AutoCAD 2012
Penulis : Nathanael
Penerbit : Asaque Publisher


Menggambar Objek Solid AutoCAD (Objek Box, Cone, Wedge, Torus, Cylinder, Helix) Reviewed by Unknown on Monday, March 26, 2012 Rating: 5

3 comments:

All Rights Reserved by aarchstudio © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.