breaking news

Koleksi Tutorial

Membuat Taman Yang Asri

 
Pada postingan kali ini yaitu tentang membuat taman yang asri, sebenarnya postingan ini terinspirasi dari sebuah tugas Bhs. Indonesia saya disekolah tentang "menyimak informasi yang mengandung perintah kerja yang harus dirumuskan kembali dalam bentuk bagan", namun karena informasinya menurut saya sangat bermanfaat maka saya mempostingnya pada blog ini.
Nah.. karena artikelnya berupa dialog maka silahkan anda baca saja dialognya dibawah ini:


  • Bapak : Nak, bapak sangat bersyukur bisa membangun rumah setelah kamu dan adikmu menyelesaikan kuliah. Bapak ingin halaman rumah kita ini dijadikan taman yang asri. Kamu bisa mewujudkannya bukan?
  • Anak : Pak, mengapa tidak kita panggil saja ahli pertamanan lulusan Arsitektur Lansekap Universitas Trisakti misalnya, pasti hasilnya memuaskan.
  • Bapak : Membuat taman oleh ahlinya, biayanya bisa puluhan juta rupiah. Darimana uangnya? Karena bapakmu sudah lama ingin punya rumah yang ada tamannya, bapak selalu membaca majalah, tabloid, buku yang membahas cara membuat taman. Kita coba membuat taman sendiri, pasti lebih murah!
  • Anak : Jadi apa yang harus kita kerjakan? Bagaimana tahapan-tahapannya?
  • Bapak : "Membuat taman ada aturannya, agar tidak seperti rimba. Taman mencerminkan selera pemiliknya. Taman mampu mengusir kejenuhan. Taman yang asri juga sarana ibadah sebab memberi kesenangan pada oranglain yang melihatnya! Caranya? pertama kamu tentukan tema. Artinya kita mau taman gaya apa gaya jepang, taman tropis, taman gaya eropa atau taman gaya bali. Misalnya kamu senang taman tropis, kesannya natural, tidak formal tetapi dinamis. Gaya eropa segalanya teratur, kesannya formal. Gaya jepang, sederhana, alami. Gaya bali cirinya ada patung dan payung bali dilengkapi pohon kamboja. selanjutnya kamu buat desain atau rancangan, dengan memperhatikan keselarasan antara bentuk taman denga arsitektur rumah. Pelajari pula lokasi lahan, bagian mana yang terkena sinar matahari dan bagian lahan mana yang terlindung. Gunanya untuk menentukan jenis tanaman. Selesai desain, tentukan tata letak isi taman yang terdiri dari tanaman dan pelengkap taman seperti kolam air mancur, pergola, gazebo, patung, lampu taman, bangku taman, tebing-tebingan, batu hias, baru tapak, pot bunga, dan pagar. perhatikan gradasi warna agar warna-warni bunga elok dipandang. Perhatikan pula gradasi tinggi pohon, agar pohon yang tinggi tidak menghalangi pandangan untuk menikmati indahnya pohon dibelakangnya. Berikutnya menentukan isi taman yakni tanaman dan elemen pelengkap taman. Memilih tanaman tidak boleh sembarangan, cariyang mudah tumbuh dan tak sulit merawat serta bermanfaat. Ingat tanaman untuk taman ada empat macam.

  1. tanaman penutup tanah, seperti rumput gajah, bawang-bawangan, sutra bombay, seludru.
  2. tanaman semak, seperti kaca piring, bunga sepatu.
  3. tanaman pelindung, pohonnya agak tinggi, seperti cemara atau daun saputangan
  4. tanaman pagar, seperti mawar hutan, bunga terompet."
     Pelengkap taman bisa dilihat di toko perlengkapan taman. Khusus gazebo dan pergola kita bisa minta bantuan tukang kayu. Stelah persiapan selesai, buat pembagan tugas. Pada hari H, kita sekeluarga gotong royong, membuat taman. Agar ibumu dan adikmu memahami dengan jelas, semua yang bapak perintahkan, rumuskan menjadi bagan!


dan untuk contoh perencanaannya dalam bentuk bagan silahkan lihat gambar bagan dibawah ini !





Apabila gambarnya tidak begitu jelas, silahkan download saja file gambarnya dari sini...
Semoga postingan ini bermanfaat...
Membuat Taman Yang Asri Reviewed by Unknown on Wednesday, September 14, 2011 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by aarchstudio © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.