breaking news

Koleksi Tutorial

3 Pesaing Burj Dubai



Baru saja pada tahun 2010 yang lalu Burj Dubai diresmikan sebagai gedung tertinggi didunia dengan tinggi sekitar 800 m, dan telah menghabiskan biaya sekitar 40 triliun untuk biaya pembangunannya. Kini para arsitek dunia kembali berlomba-lomba untuk membuat bangunan tertinggi didunia dengan tinggi bahkan ada yang akan mencapai ketinggian 1600 m, sungguh mencengangkan bukan? 

Pengen tahu gedung apa saja yang akan menjadi gedung pencakar langit tertinggi di dunia yoo... kita ke TKP 

1. Burj Mubarak Al-Kabir





Burj Mubarak Al-Kabir dibangun di kota Madinat Al-Hareer (Kuwait), dan berdiri dengan ketinggian 1.001 m terinspirasi dari Negeri 1001 Malam, dengan tinggi atap 900 m.
Rencananya gedung ini akan selesai dalam waktu 25 tahun, dan akan menghabiskan biaya sebesar 85 Miliar dollar (830 Triliun).
Jadi mari kita tunggu saja akan seperti apa nanti jadinya 


2. Al Burj (Nakheel Tower)





Al-Burj (Nakheel Tower) di design oleh perusahaan Nakheel (Raksasa properti yang juga pernah membangun Palm Jumeireh dan "The World). Gedung ini tadinya akan dibangun di tengah-tengah Palm Jumeireh, namun akhirnya lokasi pembangunannya dipindahkan ke Dubai Waterfront, Uni Emirate Arab.
Perusahaan yang terlibat dalam proyek ini melaporkan pencapaian tinggi awal 1,600 m (5,249 ft) yang kemudian diturunkan menjadi 1,200 m (3,937 ft). Bulan Juli 2007, CEO Nakheel Chris O'Donnell dilaporkan mengatakan "tinggi bukan segalanya" dan menyatakan bahwa Al Burj tidak akan lebih tinggi dari Burj Dubai, yang direncanakan setinggi 818 m (2,684 ft). Satu minggu kemudian, Nakheel mengakui bahwa menara ini lebih tinggi dari 1 kilometer. Laporan 20 Juni 2008 mengklaim bahwa menara direncanakan setinggi 1,400 meter (4,593 ft).
Sedangkan untuk nama Gedung ini semula ada 3 nama yang dijadikan pilihan, yaitu:
  • Al-Burj
  • Tall Tower, dan
  • Nakheel Tower
Namun, secara resmi belum diputuskan maskipun Al-Burj lebih umum digunakan, dan sepertinya tidak ada nama resmi yang akan diberikan sebelum gedung ini disetujui. Saat ini nama yang mungkin untuk gedung ini adalah Nakheel Tower.


3. Burj Al-Meel




Burj Al-Meel, yang apabila diartikan ke bahasa Indonesia artinya adalah Menara setinggi satu Mil. Sesuai dengan namanya, gedung ini direncanakan akan mencapai ketinggian sekitar 1 mil, atau 1600 meter. Dengan ketinggian 1600 meter berarti Burj Al-Meel dua kali lipat lebih tinggi dibanding Burj Dubai, dan 33% lebih tinggi dibanding Al-Burj.

Tidak seperti Burj Dubai dan Al-Burj yang akan dibangun di Dubai, Uni Emirat Arab. Burj Al-Meel akan dibangun di Jeddah, Arab Saudi.

Burj Al-Meel digagas dan didanai oleh pangeran Alwaleed Bin Talal dari Arab Saudi. Untuk pembangunan Burj Al-Meel ini beliau mempersiapkan dana sebesar US$10 Milyar.

Untuk bangunan setinggi ini tentunya akan sangat banyak sekali kendala pada saat pembuatan dan setelah pembuatannya. Salah satu kendala yang mungkin akan dialami adalah masalah temperatur. Temperatur pada bagian atas menara ini akan mendidih pada saat siang hari, dan akan membeku pada malam hari. Masalah lain yang cukup parah adalah masalah “goyangan” gedung.

Untuk ukuran gedung setinggi ini, sedikit goyangan yang ditimbulkan oleh tiupan angin akan membuat para penghuni gedung mengalami mabuk laut. Selain itu masalah transportasi juga merupakan masalah yang cukup perlu mendapat perhatian. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berpindah dari lantai terbawah ke lantai teratas (atau sebaliknya). Namun yang pasti mereka telah memikirkan solusi untuk semua masalah itu.
3 Pesaing Burj Dubai Reviewed by Unknown on Tuesday, August 02, 2011 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by aarchstudio © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.